Tidak Terkait Populasi Muslim, Produk Makanan Halal Mulai Digemari Oleh Masyarakat Amerika

Makanan halal saat ini sudah semakin populer di Amerika Serikat. Tapi ini tidak seluruhnya berhubungan dengan perkembangan populasi muslim di Negeri Paman Sam tersebut. Menjamurnya makanan halal di Amerika dapat dilihat dari mulai tersedianya daging halal di beberapa supermarket besar yang dimana berhasil memecahkan rekor penjualan produk halal terbesar.

Walaupun terjadi peningkatkan Islamphobia di beberapa negara bagian Amerika akan tetapi makanan halal diharapakan dapat memberikan citarasa sebenarnya dari makanan komunitas muslim. Salah satu contohnya adalah antrian panjang di New York untuk menikmati sepring ayam gyro ataupun falafel bersama dengan nasi.

The Halal Guys yang terletak di sudut jalanan New York sejak thaun 1990 menjadi salah satu waralaba halal paling populer saat ini. Bahkan sakin populernya, The Halal Guys telah dapat ditemukan di Filipina. Waralaba ini juga semakin tersebar di seluruh Amerika Serikat.
Tidak Terkait Populasi Muslim, Produk Makanan Halal Mulai Digemari Oleh Masyarakat Amerika
Tidak hanya The Halal Guys yang terjadi pertumbuhan pada permintaan untuk produk halal. Islamic Food and Nutrition Council of American memprediksi bahwa penjualan produk halal akan mencapai $20 miliar pada tahun ini. Angka tersebut meningkat sekitar sepertiga kali dari tahun 2010.

Pada wilayah Queens, New York terdapat juga Madani Halal yang menyediakan daging halal selama lebih dari 25 tahun seperti ayam, kambing dan domba. Menurut Imran uddin yang merupakan pemiliki Madani Halal, mereka menggunakan daging yang diperoleh dari pertenakan yang memperlakukan hewan dengan baik.

Madani Halal memperkirakan bahwa mayoritas pelanggannya merupakan non-muslim. Kualitas merupakan faktor utama dari orang Amerika non-muslim tanpa memandang agama. Sementara itu supermarket Whole Foods juga menganggap bahwa makanan halal termasuk salah satu produk yang mengalami perkembangan penjualan yang cepat.

Beberapa pihak berharap tren ini dapat membantu menghilangkan Islamphobia yang terdapat di Amerika Serikat terutama saat ini terdapat 3,3 juta muslim yang tinggal disana sehingga peluang untuk mengembangkan produk halal terbuka sangat lebar.